Senin, 15 Februari 2010

Miris...

Kejadian ini bukan untuk yang pertama, kedua, atau ketiga kalinya. Namun, kejadian ini telah berulang kali terjadi setiap tahunnya. Maksud hati ingin berbagi, tapi malah musibah yang terjadi. Saat Hari Raya Idul Fitri, orang berebut meminta infaq atau sedekah. Hari Raya Idul Adha, orang berbondong-bondong datang ke masjid besar untuk menerima sumbangan daging. Kali ini saat Hari Raya Imlek dirayakan, orang-orang antri dan memaksa diberikan angpao.
.
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan niat berbagi. Tapi kondisi rusuh, rebutan, bahkan jatuhnya orang-orang akibat berdesakan, membuat saya miris. Semiskin inikah bangsa kita? Sehingga terlalu banyak masyarakat merasa perlu dikasihani, meskipun hanya mendapat seribu - lima ribu rupiah mereka rela datang jauh dari kampung atau berpenampilan seperti orang tak punya agar juga mendapat bagian. Atau mental bangsa kita telah jatuh? Makanya banyak orang yang putus asa untuk bekerja, dan hanya mengandalkan tangan untuk meminta.
.
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."
(Ar-Ra'd 13: 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar