Selasa, 02 Juni 2009

Dunia Pasca Kampus

Menjadi mahasiswa tingkat akhir tidak mudah, apalagi jika dikaitkan dengan dunia pasca kampus. Apa yang akan kita hadapi setelah keluar dari kampus, seperti apakah dunia pasca kampus itu... Kebetulan saya pernah mengikuti seminar pasca kampus, dan itu cukup membantu mempersiapkan diri menghadapi dunia pasca kampus.

Katanya sih, dunia pasca kampus itu dibagi menjadi tiga sektor. Pertama, sektor Publik. Yang masuk ke dalam sektor ini adalah para penyelenggara negara, seperti orang-orang yang bekerja di lembaga pemerintah (PNS kali yaaa...), termasuk para wakil rakyat yang duduk di DPR atau bahkan Presiden dan kabinetnya. Kedua, sektor Privat. Yang masuk ke dalam sektor ini adalah orang-orang yang bekerja di institusi yang berorientasi pada profit, misalnya pengusaha atau pegawai perusahaan swasta. Ketiga, yaitu sektor selain Publik dan Privat. Biasanya disebut sektor Ketiga. Orang-orang yang berada di sektor ini adalah orang yang bekerja di luar sektor Publik dan Privat. Contohnya akademisi, orang yang bekerja di lembaga sosial, parpol, atau LSM.

Nah, bagaimana kita memilih sektor apa yang pas dengan karakter diri...

Pertama2, gali bakat dan potensi yang kita miliki. Misalnya dengan menuliskan sifat2 utama kita, baik yang positif maupun yang negatif. Contoh: sifat kita adalah pekerja keras, mudah bergaul, tapi gak bisa kerja di bawah tekanan, boros, dll. Nah, kalo sifat2 kayak gini bisa aja mengarah ke rencana menjadi pengusaha. Trus kita lihat hobi yang kira2 bagus untuk dimasukin ke rencana kita. Contoh: hobi kita makan bakso, kalo punya kemauan kita bisa jadi pengusaha bakso (hehe...). Atau kalo hobi kita berorganisasi, apalagi yang banci tampil (maap..) bisa tuh dijadiin modal untuk masuk ke sektor publik. Kalau hobi kita ngasih les privat adek2 tingkat, itu bisa jadi modal untuk jadi pengajar.

Kalo punya prestasi tulis juga tuh, prestasi kan gak mesti yang dapet piala. Misalnya kita pernah menjadi ketua panitia atau ketua organisasi di kampus, berarti kita punya modal menjadi pemimpin. Kira2 data itu yang dibutuhkan untuk menentukan rencana ke depan. Dari semua yang kita tuliskan, bisa dibikin suatu kesimpulan. Misalnya: Rencana A menjadi dosen sekaligus pengusaha bakso di kampus (haha... kesimpulan yang aneh! tapi ini contoh kecilnya).

Udah siap merencanakan dunia pasca kampus kamu???

2 komentar:

  1. Pasca kampus ya..? Jadi ga sabar niy pengen cept2 lulus. He3x..Klo gw cocoknya sektor mana ya Riz..?

    BalasHapus
  2. heheheee... ayo cepet lulus!!!

    btw risdie kan belum gitu tau ya karakter Tanjung gimana, tapi kayaknya Tanjung pas dengan pekerjaan yang sekarang. Punya kompetensi ilmu yang sesuai dengan bidang Tanjung... berarti di sektor Privat yah! tapi kalo mau masuk ke sektor Publik juga kayaknya cocok tuh... berminat untuk pindah??? heheee...

    oiya risdie udah bikin tulisan yang versi risdie. hmmmm... kira2 sepakat gak???

    BalasHapus