Rabu, 11 Februari 2009

cuma gara-gara STNK...

cerita ini dimulai ketika salah satu atasanku di tempat kerja meminta untuk ngurusin perpanjangan STNK motor milik lembaga, soalnya beliau mau ke luar kota. yang disiapin buat ngurus yaitu STNK, KTP asli ketua lembaga dan surat kuasa.

akhirnya aku berangkat pagi2 langsung dari kosan naek angkot ke SAMSAT DEPOK, yang ternyata jauh juga yaaaaa.... nyampe sana aku mampir ke tukang fotokopi untuk fotokopi KTP dan STNK. eh si abangnya bilang "BPKBnya mana?". Lah, pan aye kagak tau bang kalo kudu bawa BPKB... katanya sih harus bawa BPKB, kalo gak ya gak bisa. langsung aku telpon atasanku itu, heheee... ternyata BPKB ada di brankas yang kuncinya aku pegang sendiri! dasar... **hari pertama misi gagal

hari kedua aku coba dateng lagi ke SAMSAT DEPOK untuk melanjutkan misi perpanjangan STNK. semua udah dikopi, aku langsung masukin berkas dan ngantri di ruang tunggu. setelah kira2 setenagh jam nunggu, akhirnya aku dipanggi. tapi ternyata pemanggilan aku ini bukan untuk melanjutkan pembayaran pajak. tapi untuk bilang "mbak, berkasnya kurang surat keputusan pendirian dan domisili dari Kelurahan". tetewwww... kagak jadi lagi deh!!! akhirnya diriku pulang dengan muka sedih dan hati kesel... **hari kedua misi gagal kembali

hari ketiga aku berencana untuk membereskan semua-muanya, aku jabanin deh Kelurahan manapun! pokoknya kudu selesai sebelum atasanku pulang dari luar kota. lebih pagi dari biasanya aku berangkat ke tempat kerja, nyiapin berkas trus langsung ke Kelurahan Kukusan (yang katanya kalo UI masuk Kelurahan sana). naik bikun dan jalan kaki becek-becek gak naik ojek ke KuKel... sampe sana aku diterima dengan baik sama mbak-mbak Kelurahan. ternyata UI emang Kelurahan Kukusan, tapi sayangnya si mbak bilang "surat pengantarnya mana? kalo UI pake surat pengantar dari fakultasnya..." oowwww... hampir aja aku nangis di depan mbaknya!!! "yah mbak, ribet lagi dong ngurusnya! kalo pake surat keputusan pendirian aja bisa gak?". lalu si mbak menanyakan kepada yang lebih berwenang, dan ternyata bisa cuy!!! legaaaa.. tapi aku diminta fotokopi dulu. nah setelah selesai fotokopi aku diminta nunggu lagi buat pembuatan surat domisili. lagi-lagi... "mbak dari Fakultas Hukum ya??? aduh maaf saya gak liat asalnya... kalo Fakultas Hukum masuknya Kelurahan Pondok Cina!". ohhhh tidaaaakkk... jangan sampai misi ini gagal lagi!!! dengan terhuyung-huyung dan mata sudah hampir tak bisa menampung keinginan air mata ini untuk keluar aku berjalan kembali di atas jalanan yang becek. akhirnya aku gak tahan untuk sedikit menangis selama jalan kaki menuju halte bikun KuKel.

fiiuuuuhhh... ternyata penderitaan ini belum berakhir, Kelurahan Pondok Cina tuh jauuuuhhh banget dari jalan masuknya!!! selama perjalanan aku hanya bisa berdoa semoga Allah memudahkan pekerjaanku, hal positif yang bisa aku ambil adalah :satu-satunya yang bisa aku sebut hanyalah nama Allah, Dzat dimana aku bisa meminta dan memohon, satu-satunya Dzat yang bisa memberikanku pertolongan. sampe di Kelurahan PoCin, aku menunggu bersama ibu-ibu yang mau bikin surat keterangan kematian suaminya. waktu menunggu yang agak lama kugunakan untuk mengobrol dengan ibu-ibu bernama Ibu Syamsul yang ternyata seorang pemijit/pengurut. yang menarik dia mengakui kalo dia punya "ilmu", katanya sih turunan dari orang tua ibunya yang asli Banten dan dia memperoleh ilmu dari suaminya yang asli Dayak (huuu... seremmm!!!). tapi anehnya dia bisa bikin orang lain mudah mendapat kerja atau menjual tanah dengan harga tinggi, tapi dia gak bisa menggunakan ilmunya untuk "menarik" pembeli rumah yang ingin ia jual dengan harga tinggi. heheee... kejadian lucu lagi di Kelurahan PoCin, ada poster dari KPK dengan tulisan kira2 "melayani masyarakat adalah tugas kami pegawai negeri. apabila ada pungutan maka itu KORUPSI". tapi pas surat yang aku minta selesai dan aku hendak ngeloyor pergi, si masnya bilang "maaf mbak, ada uang kompensasi". laaaahhh... "bukannya gratis ya mas?" dengan soknya aku nanya gitu, hahahaaa... bilang aja kagak ada duit!!! eh alesannya dia buat uang kas. pas aku tanya "berapa emang?", si masnya jawab "terserah mbak". naaahhhh, nyang kayak begini nih yang bisa disebut korupsi kecil-kecilan... ya udah aku kasih uang aja seadanya pengennya sih sekalian bilang "maap ya mas uangnya sedikit aja biar dosa mas juga sedikit!!!!" hahahaaaa... **ngaco

selesai dari Keluharan PoCin sekitar jam setengah 12, nyampe SAMSAT paaaaasss banget adzan. ya loketnya lagi istirahat laaahhhh... ya udah karena merasa terpanggil, aku langsung menuju masjid kecil yang tempat wudhunya gak dipisah antara ikhwan-akhwat. untung masih sepi! habis sholat berjamaah aku sempat melirik ke sekitar masjid. wuuuiiiihhh... ternyata masjidnya full bo! malah sampe pada ngantri gantian sholat, nungguin di teras masjid. subhanalah, ini satu-satunya suasana yang bikin aku seneng ada di SAMSAT DEPOK!!!! habis sholat aku langsung masuk ke ruang tunggu untuk ngumpulin berkas, kira-kira nunggu 1,5jam buat dipanggil lagi. udah sampe ngajakin ngobrol mbak sebelahku yang baru sekali itu juga ngurusin STNK motor suaminya, mana sempet ketiduran karna saking capeknya mengingat perjuangan keras sejak pagi. tiba-tiba aku dipanggil... senangnyaaaa!!!! langsung aku bayar pajak dan ngambil STNK... Alhamdulillah, Allah memberikaku pertolongan... banget! pas mau keluar ternyata masih ada si mbak yang tadi duduk sebelahku, akhirnya kita berdua pulang bareng naik angkot yang sama. eh malah kenalan n ngobrol banyak hal, makasih ya Teh Rina!!! **hari ketiga akhirnya misi BERHASIL

hhhh... capek ya ceritanya, aku juga capek kalo inget-inget kejadian itu. kenapa sih mesti 3x???! sebodoh itukah diriku????! tapi ya aku mencoba untuk ngambil hikmahnya aja... makasih Ya Allah :)

4 komentar:

  1. aKHIRNYA BISA KOMEN JUGA WKWKWKWKWK..

    BalasHapus
  2. serius bew, cerita lo lucu banget.. hehehe..

    BalasHapus
  3. ini yang waktu itu ya?
    ikutan cape die bacanya,,hehe..

    BalasHapus
  4. hahahaaaa.. maaf.. maaf.. agak lebay ya ceritanya? tapi ini beneran qoooo.. T.T

    BalasHapus