Kamis, 24 Maret 2011

Sholat dan manajemen waktu manusia

Kalau dipikir-pikir, waktu sholat 5 waktu itu sesuai dengan jadwal atau rutinitas kita sehari-hari.
.
Waktu sholat shubuh, bikin kita bangun tidur tepat waktu. Setelah sholat bisa langsung siap-siap untuk bekerja, kuliah, atau sekolah. Habis shubuh juga baik untuk olahraga atau bantu-bantu ibu beresin rumah.
.
Waktu sholat dzuhur, pas banget dengan jadwal istirahat siang, kira-kira sekitar jam 12 siang. Setelah menunaikan sholat dzuhur, bisa langsung makan siang. Tapi ada juga yang mendahulukan makan siang karena belum datang adzan atau karena perut sudah terlalu berisik untuk minta diisi.
.
Waktu sholat ashar, biasanya jatuh sekitar pukul 3 dan 4 sore. Waktu tersebut merupakan waktu-waktu kita lelah atau mengantuk dalam bekerja, dengan mengambil wudhu lalu sholat, insyaAllah rasa lelah atau mengantuk bisa terobati. Buat anak-anak, waktu ashar juga bisa dilakukan setelah pulang sekolah atau setelah bangun tidur agar tidur siang tidak kebablasan. Bahkan waktu ini adalah jam pulang kantor bagi para Pegawai Negeri, jadi sebelum pulang sebaiknya sholat ashar dahulu agar hati tenang dan selamat di dalam perjalanan pulang.
.
Waktu maghrib biasanya datang sekitar pukul 6 sore menjelang malam. Ini adalah jam pulang kantor karyawan swasta pada umumnya, sama halnya dengan yang di atas, sebelum pulang sebaiknya sholat maghrib dahulu agar hati tenang dan selamat di dalam perjalanan pulang. Bagi pegawai yang lembur, sebaiknya istirahat sebentar untuk sholat sekalian meregangkan otot atau makan malam. Waktu ini juga membatasi anak-anak yang sedang bermain untuk segera pulang ke rumah, mandi kemudian berangkat ke masjid. Ada juga orang atau anak-anak yang mengisi waktu dengan mengaji setelah sholat maghrib hingga adzan isya datang.
.
Waktu isya, dilakukan di malam hari dengan jangka waktu yang cukup panjang. Waktu sholat isya juga bisa digunakan untuk mengucap syukur pada Allah atas rahmatNya kepada kita sepanjang hari. Meskipun sholat isya bisa dilakukan sebelum tidur, lebih baik dilakukan tepat pada waktunya.
.
Subhanallah, begitu tepatnya Allah menentukan waktu sholat. Sehingga waktu sholat dapat dimanfaatkan bukan hanya untuk melakukan hubungan dengan Allah (habluminallah), tetapi juga dapat digunakan untuk rehat sejenak atau melakukan aktivitas lain yang bermanfaat. Kira-kira ada gak ya penelitian yang membuktikan bahwa ada pengaruh antara kebiasaan sholat tepat waktu dengan kemampuan manajemen waktu seseorang??
.
*gara-gara baca tweets-nya temen, jadi pengen nulis di blog... (izin share ya bro!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar