Selasa, 03 Mei 2011

pergerakan pegawai UI

Ada yang tak biasa pemandangan di kampus kali ini. Biasanya kita melihat sekumpulan mahasiswa berjaket kuning bergerombol, berkumpul dan bersiap melakukan aksi atau demo. Namun, kali ini aku melihat bukan para mahasiswa, tapi para pekerja dan pegawai UI yang sedang bersiap menuju Perpustakaan Pusat UI. Bapak-bapak, ibu-ibu para dosen non-PNS dan karyawan itu menggugat dan menuntut status untuk dapat menjadi PNS.




Isu ini berawal dari berubahnya status UI dari PTN menjadi BHMN, dimana para pegawai UI memiliki status sebagai pegawai BHMN. Pada akhirnya, status UI BHMN ditolak dan dihapus untuk kembali menjadi PTN dengan bentuk BLU (meskipun saat ini juga sedang digodog bentuk baru untuk universitas negeri). Dengan dibatalkannya status UI BHMN, maka ada ketidakjelasan status bagi pegawai BHMN yang disamakan dengan pegawai honorer. Padahal mereka sudah bekerja bertahun-tahun bahkan ada yang sudah berpuluh tahun.




Senin lalu, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan sebelumnya adalah Hari Buruh (nyambung gak ya?!), sudah dilakukan aksi di depan istana. Namun, permintaan perubahan status untuk menjadi PNS harus diajukan oleh universitas itu sendiri. Sehingga aksi pada hari ini ditujukan ke pimpinan UI. Miris memang, ketika para dosen UI yang melakukan aksi, meninggalkan jadwal mengajar. Hal ini seharusnya menjadi sorotan utama bagi pemimpin UI sendiri. Jika hal ini terus dibiarkan, bagaimana UI mau menjadi kampus terbaik.

1 komentar: